Jumat, 07 Januari 2011

7 golongan manusia arsy

Assalamualaikum :) karena gua bosen nungguin buka *masihlama* jadi gua pengen nulis lagi tentang, err, sekarang tentang 7 golongan manusia arsy. Eh, tapi jangan karena judulnya manusia arsy, jadi langsung mikir kalo ini tentang manusia yang tinggal di arsy -__- tapi ini tentang 7 golongan manusia yang mendapat perlindungan Allah saat hari kiamat kelak. Kenapa manusia arsy? karena konon, 7 golongan manusia ini akan dilindungi oleh arsy Allah saat hari kiamat yang panasnya luar biasa.

“Ada tujuh golongan orang yang akan diberi naungan oleh Allah dalam naungan-Nya, pada hari tiada naungan melainkan naungan-Nya (yakni pada hari kiamat), yaitu: imam/pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah Azza wa jalla, seseorang yang hatinya bergantung kepada mesjid (selalu melakukan shalat jama’ah di dalamnya), dua orang yang saling cinta-mencintai kerana Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seseorang Ielaki yang diajak (berzina) oleh wanita cantik dan berkedudukan, tapi ia berkata: “Sesungguhnya saya ini takut kepada Allah,”, seseorang yang bersedekah kemudian merahasiakannya, sehingga tangan kanannya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kirinya dan seseorang yang ingat kepada Allah di dalam keadaan sepi lalu meneteskan airmata dari kedua matanya.” [Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (No.620, 1334, 5998, 6308), Muslim (No.1712), Tirmidzi (No.2313), dan juga dikeluarkan oleh Imam An-Nasa’i, Ahmad, dan Malik. Lihat juga di Riadushalihin No.374]

Nah, sekarang gua pengen coba bahas satu satu :)

1. Imam yang adil

Yaah, udah jelas apa itu definisi adil. Adil itu berasal dari bahasa arab, adl. Yang artinya menyamaratakan dan tidak berat sebelah. Imam, atau pemimpin yang adil berarti pemimpin yang gak sewenang wenang. Misal ada seorang lurah, nah kalo dikasih tanggungjawab buat BLT, dia ngasih ke orang yang bener bener perlu, bukan ditilep buat keluarganya -__- nah itulah seorang imam adil, seorang pemimpin adil yang niscaya akan dilindungi oleh Allah SWT. Dalem sholat juga bisa keliatan apakah seorang imam sholat adil atau enggak. Nah ini dari pengalaman gua sendiri, pernah pas sholat jamaah, imam sholatnya (murid) lamaaaaaaa banget sujud dan rukunya, juga gerakan lainnya *serius lama, emang lama banget* nahtuh ternyata tapi dia kalo sholat sendiri *sholat ba’diyah waktu itu* luar biasa cepet (-_-’) dan ternyata dia gak adil antara sholat jamaah dan sholat sendiri. Imam yang adil harusnya kecepatan antara sholat sendiri dan sholat jamaah tuh lama, malah setau gua ada hadits yang memerintahkan seorang imam untuk memperpendek ayat kalo dia biasa baca surat *abis al-fatihah* yang panjang :)

2. Pemuda yang tumbuh dengan ibadahnya

Nah golongan yang ini kalo jaman sekarang mungkin dikit banget ya. Pemuda yang tumbuh dengan ibadahnya berarti dia itu rajin banget beribadah dan rutin dia laksanain, makanya dia tumbuh besar bersama dengan ibadahnya. nah, kalo kita liat secara makna, ibadah artinya:
# perbuatan atau penyataan bakti terhadap Allah yang didasari oleh peraturan agama.
# segala usaha lahir dan batin yang sesuai perintah agama yang harus dituruti pemeluknya.
# upacara yang berhubungan dengan agama.

Nah tuh, perbuatan bakti terhadap Allah yang didasari peraturan agama juga termasuk ibadah loh, jadi jangan mikir ibadah itu cuma sholat puasa haji. Kita berusaha mendekatkan diri kepada Allah pun termasuk ibadah. Kita menjauhkan diri dari hal hal keji juga ibadah. Nih, ibadah itu kan dibagi dua, ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Ibadah ghairu mahdhah gak dijelasin gimana pelaksanaannya, jadi kita sendiri yang berbuah baik dengan dasar keimanan, itulah ibadah. Dan apabila kita tumbuh bersama ibadah kita itu, niscaya kita akan tergolong manusia arsy, amin ya rabbal alamin.

3. Seorang yang hatinya terikat dengan masjid

Seorang yang hatinya terikat dengan masjid, berarti dia adalah seorang pencinta masjid :) nah biasanya orang yang tergolong seperti ini adalah kaum opa, kaum kakek kita. Loh kenapa gitu? bisa diliat di postingan gua tentang tarawih pertama. Mayoritas jamaah sholat di mesjid adalah kakek kakek, gak percaya? cek aja sendiri, tapi jangan pas bulan puasa. Nah sekalian di sini, gua pengen bahas tentang manfaat sholat jamaah di masjid. Yaah, mungkin belom bisa dibahas semuanya karena keterbatasan tempat *padahal males* tapi bakal gua bahas beberapa yang penting :) Hm, ketika seseorang pergi ke masjid dan dia berwudhu dari rumah, maka tiap langkahnya bakal diitung satu kebaikan, diangkat satu derajatnya, dan dihapuskan satu dosanya. Terus ketika dia menunggu iqamah dikumandangkan, dan dia berzikir kepada Allah, maka para malaikat akan berdoa agar dosadosanya diampuni. Nah tuh, gua cuma sebutin dua deh, tapi bener bener luar biasa kan manfaat sholat jamaah?

4. Tangan kanan bersedekah, tangan kiri tidak tahu

Tentang ini, sepertinya hampir semua orang ngerti maknanya, berarti dia adalah seorang yang beramal diem diem. Gak amal karena riya. Gak amal karena pengen dibilang dermawan sama orang orang sekitarnya. Sebenernya gampang banget ngelaksanain yang ini, apalagi kalo lu anak sma alpus 1 yang tiap hari senen rabu dan jum’atnya dapet kotak amal dari KPI *promosi* ngek tapi serius loh haha seorang yang beramal tanpa pamrih, dengan ikhlas, dan diem diem. Insya Allah dia bakal dapet syafaat dari Allah kelak.

5. Seorang yang menangis ketika mengingat Allah dalam kesendirian

Nih, yang paling ngalamin ini adalah para Muslim yang tahajjud. Mungkin ada yang pernah mengalami sendiri, kalo pas jam 2 atau jam 3 pagi, lu sholat di kamar matiin lampu dan nyalain kipas angin *sayagakpakeAC* pasti berasa deket banget sama Allah. Entah kenapa saat tahajud itu bisa bikin kita senantiasa inget dosa kita dan pasti kita bakal mohon ampun ke Allah. Nah, waktu tahajud inilah yang bisa lu manfaatin untuk ngedapetin naungan Allah di hari kiamat kelak. Jadi sholatlah sepertiga malem terakhir, ingatlah Allah, dan menangislah :) ingetlah kalo setetes air mata dapat memadamkan lautan api neraka

6. Seorang yang digoda olah wanita yang berkedudukan dan kaya, tapi ditolaknya

Dari apa yang pernah gua baca. Tipe lelaki begini bakal ngerasa terlilit -,- dia bakal dapet dua pilihan, berzina dengan wanita cantik kaya berkedudukan tapi masuk neraka, atau menahan hawa nafsu dan gak masuk neraka. Nah, awalnya dia udah nafsu, tapi ketakutannya kepada azab Allah melebihi hawa nafsunya. Sehingga dia bakal menolak ajakan zina itu. Nah kenapa golongan begini dilindungi Allah? karena kita pasti tau, susah banget buat ngelawan hawa nafsu. Bahkan Rasulullah pernah bilang kalo perang badar hanyalah perang kecil, dan perang terbesar adalah perang melawan hawa nafsu.

7. Dua orang yang mencintai karena Allah

Tepatnya adalah, dua orang yang mencintai karena Allah, dan berpisahpun karena Allah. Golongan yang ini berarti dua orang *iyalah* sekarang kebanyakan apabila seorang pria mencintai seorang wanita, ataupun sebaliknya, biasanya didasari nafsu, atau paling enggak, cuma cinta seorang manusia. Bukan cinta karena Allah. Yaah, sebenernya gua juga susah bahas yang ini karena gua juga masih bingung apa maksudnya -_- tapi yang pasti, dua orang yang mencintai karena Allah gak mungkin melanggar apa yang dilarang oleh Allah, dan itulah alesan kenapa mereka dilindungi dengan arsy Allah saat kiamat kelak.

Yak, akhirnya beres juga tentang ketujuh golongan manusia arsy ini. Semoga kita bisa tergolong salahsatunya sehingga mendapat pertolongan Allah, amin ya rabbal alamin :) syukran lakum, wassalamualaikum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar