Jumat, 07 Januari 2011

4 golongan dirindukan Surga

1. Pembaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah firman Allah, yaa pasti kita semua taulah apa itu al-Qur’an, tapi karena mungkin ada yang gak tau. bakal gua bahas dikit. Al-Qur’an itu kitab suci umat Islam, terdiri dari kumpulan surat dan ayat dalam bahasa arab, terdiri dari 6236 ayat *ada yang bilang 6666, tapi kyknya bukan deh -,-* nah, isi Al-Qur’an adalah tentang tauhid, syariat, ibadah, hukum Islam, sosial kemasyarakatan, dan tentang alam dunia dan akhirat. Nah, pembaca Al-Qur’an dapet pahala dari Allah, nah ternyata ada manfaat lain dari membaca Al-Qur’an, para pembaca qur’an termasuk golongan yang dirindukan oleh surga. Baca Al-Qur’an emang susah susah gampang, yang gua maksud “baca qur’an” bukan ngebaca qur’an secara harfiah, bukan baca huruf perhurufnya, tapi yang gua maksud adalah konsisten baca Al-Qur’an.

sejujurnya gua sendiri juga belom bisa baca Al-Qur’an secara rutin, yaa kalo mau jujur sebenernya gua males baca ayatnya *jangan ditiru* tapi gua cukup semangat kalo baca arti dan tafsir ayat. yaah, emang sangat susah untuk mulai rutin baca, tapi kalo udah biasa pasti gampang deh yakin :) gua punya temen yang pas bulan puasa ini aja udah entah berapa juz, nah kalo dia bisa berarti sebenernya kita juga bisa. nah, mulai sekarang, ayo coba baca qur’an lebih baik :)

ohiya lupa :p selain baca, err, kita juga harus ngelanjutin. karena gak cukup cuma baca Al-Qur’an tanpa baca arti, sama kyk kita dengerin pelajaran tapi gak ngerti isi pelajaran itu :p nah jadi, setelah baca Al-Qur’an, kita juga perlu baca arti dari Al-Qur’an, terus kita pahami dengan baik konsepnya, maknanya, dan kesimpulannya, setelah itu kita aplikasikan ajaran Qur’an itu dalem kehidupan kita sehari hari. Lebih baik lagi kalo kita bisa hafalin ayat dan bisa mengajarkan ayat tersebut ke orang lain. Yaah, dalem postingan di kaskus yang gua tulis *promosi* ada beberapa keutamaan bagi orang yang bisa menghafalkan ayat Al-Qur’an, atau sebutan laennya hafidz qur’an. disebut hafidz karena para penghafal qur’an ini menjaga kemurnian qur’an selamanya. Nah, salah satu manfaatnya adalah kita bisa menyelamatkan 10 orang keluarga kita yang udah dipastikan masuk neraka. nah tapi masalahnya, hal ini kontradiktif dengan hadits, atau ayat *lupa* yang bilang kalo gak ada yang bisa ngasih syafaat di hari kiamat, kecuali Rasulullah Muhammad SAW kepada umatnya dan Allah sendiri dengan naungan arsyNya. Yaah, tapi karena gua juga belom terlalu ngerti jadi gak bahas lebih lanjut di sini :p entar bakal gua cari sumber yang lebih baik :)

Dan tentang pengajaran Al-Qur’an, kita tau ada 3 amalan yang tetap berjalan, meskipun amalan lainnya terputus karena seorang telah wafat. Dan salah satu dari amalan itu adalah ilmu yang bermanfaat. Nah, mengajarkan Al-Qur’an berarti kita udah melaksanakan amalan “ilmu yang bermanfaat”. ohiye, ngajarin Al-Qur’an gak berarti kita harus jadi guru agama kyk pak bahron atau guru Al-Qur’an kyk bu ami =__= dengan sedikit ngasih tau ke temen tentang ayat yang kita tau, atau mengingatkan orang maksiat kalo dia salah dengan bersumber dari Qur’an, atau ngasih kultum di mushola, atau err, berdakwah kecilkecilan pun insya Allah bisa diitung mengajarkan Al-Qur’an, karena yang penting kan niatnya :)

2. Penjaga Lisan

Tentang ini, sebenernya gua udah pernah posting di blog lama di blogspot yang udah dikosongin, tapi tapi tapi yaaa gua pengen bahas lagi sedikit :) tentang menjaga lisan, yaa kita semua tau kalo menjaga lisan emang susah banget. lidah kan termasuk salah satu dari 5 yang ter.., nah kalo gak salah lidah itu adalah jawaban dari “apakah yang tertajam” awalnya ada yang jawab pedang untuk pertanyaan itu, ada yang jawab pisau, tapi jawabannya adalah lidah :p kenapa lidah dibilang tajem? nyeh iye, jangan diartiin secara harfiah lidah itu tajem dan bisa motonmotong ya -___- tapitapi, lidah itu tajem secara makna, lidah bisa lebih menyakitkan dari pedang, itu kata orang. Lidah bisa memfitnah, yang katanya fitnah lebih kejam dari pembunuhan (walaupun fitnah dalem QS2 bukan fitnah beginian) Lidah juga bisa berbohong, lidah bisa menggunjing, lidah bisa bergibah *sama aja sama gunjing -_-*, yaah pokoknya lidah itu bisa membuat kita terjerumus dalem neraka. Makanya orang yang ngejaga lidahnya adalah orang yang dirindukan surga.

Sekarang ini, penjaga lisan udah makin jarang. sering banget kita denger anak anak *gakcuma anakanak sih, yaa dari berbagai usia lah* ngomong NKMJ -,- atau si gukguk, atau si ngokngok -_- ituloh yang biasa jadi celengan warna pink >_< nah lanjut, ngejaga lisan emang susaaaah banget, karena gua juga tau rasanya, apalagi kalo lagi marah :3 yaah tapi itulah yang harus kita jaga, pasti ada konsekuensi dari apa yang kita lakuin, kalo kita sembarangan ngomong dengan kasarnya, maka kita termasuk golongan yang dirindukan neraka :3 naudzubillah T-T yaa jadi mendingan kita ngomong baik baik dan jadi golongan yang dirindukan surga, lagian sebenernya gak ada manfaatnya kok kalo kita ngomong macemmacem, yang ada malah dipoint di sekolah dan bakal dikirim ke BK :p dan inget, malaikat atid bakal catet apapun yang keluar dari mulut kita :p 3. Pemberi Makan Pemberi makan di sini adalah orang yang ngasih makan ke orang lain. yaah, tepatnya lagi orang yang ngasih makan ke orang lain yang lagi kelaperan. nah, kenapa seorang pemberi makan bisa termasuk golongan yang dirindukan surga? yaah gampangnya gini, bayangin diri kita sendiri lagi kelaperan dengan amat sangat, bayanginlah kita gak punya apa apa untuk dimakan, kita juga gak punya uang buat beli makanan, kita juga gak punya barang buat barter sama makanan -,-, atau kalo gak kebayang, bayanginlah uang kita gak cukup buat beli makan karena lagi inflasi -,- nah terus tautau ada orang yang ngasih makanan ke kita. di saat kita luar biasa lapernya tautau ada seorang utusan surga -,- ngek seorang yang ngasih makanan ke kita, apa yang bakal kita rasain? kita pasti bakal berterima kasih atas ke dermawanan orang itu! nah itu! orang yang dermawan dan memberi makan orang yang laper! -,- sejujurnya gua bingung mau bahas apa di bagian ini, jadi maap ya kalo gajelas. nah lanjut lagi deh ^^ surga sangat mencintai orang yang dermawan. masalahnya, golongan ini pasti dikit, yaa soalnya orang yang memberi makan buat orang lain, paling enggak dia pasti udah makan atau udah punya makanan untuk dirinya sendiri, dan berarti dia bukan orang susah. Nah, masalahnya, surga pernah mengeluh ke Allah dalem sebuah hadits qudsi kalo surga terlalu penuh dengan orang yang susah pas lagi dunia, maksudnya penuh dengan kaum fakir dan miskin, juga orangorang tertindas, itulah mayoritas penduduk surga. Nah mana kaum dermawan? dari hal ini bukan berarti para dermawan gak masuk surga, tapi para dermawan adalah minoritas dari penduduk surga. Nah jadi gimana dengan kita? astagfirullah T-T semoga kita gak termasuk golongan masuk neraka, amin :) 4. Orang yang berpuasa pada bulan ramadhan lengkapnya, orang yang berpuasa dengan ikhlas pada bulan ramadhan. nah pas banget nih ama keadaan sekarang, karena sekarang lagi bulan puasa >:D ramadhan kan secara bahasa artinya panas. berarti bulan yang keadaan di arab lagi panaaaaas banget! udah panas ditambah musim panas -,- wuih panaslah yang penting panas :D nah orang orang yang bertahan menjalankan puasa dengan ikhlas di bulan yang panaaas itulah yang dirindukan surga, tapi bukan berarti kita yang terlalu panas bukan termasuk golongan ini. Pada dasarnya, yang utamanya itu tentang ikhlasnya! susah banget emang buat ikhlas, orang puasa ada beberapa tipe, ada yang puasa ikhlas karena Allah, ada yang puasa karena orangorang sekitarnya puasa, dan ada juga orang yang puasa karena disuruh sama orangtua atau sejenisnyalah. Nah, tipe orang yang puasa ikhlas pada Allah lah yang termasuk golongan yang dirindukan surga :)

## Bulan Ramadhan ##

tulisan di bagian ini bukan OOT kok gan :p cuma mau ingetin, kalo sebenernya semua golongan ini berkaitan dengan bulan ramadhan. Yang pertama adalah pembaca Al-Qur’an, bagus banget kalo kita bisa khatamin Al-Qur’an 30 juz di bulan ramadhan, apalagi pasti baca Qur’an dibulan ramadhan dapet keutamaan yang lebih mangstab (^_^)b nah yang kedua, orang yang menjaga lisannya. Salah satu syarat, atau rukun (?) atau paling enggak gua sebut amalan deh :) amalan dalem bulan ramadhan adalah menjaga lisan, malahan sering ada yang bilang. marah puasa batal. atau ngomong jorok puasa batal. gua pake contoh yang kedua deh, ngomong jorok dan ngomong kasar, sering banget kita denger. misalnya ada percakapan A: ah ****** lu pasti ada seorang yang bilang B : eh puasa puasa, Nah contoh ini udah lekat sama kehidupan kita, dan berarti puasa bisa membantu kita menjaga lisan kita. Yang ketiga, memberi makan orang lapar, setau gua, memberi makan berbuka kepada orang berpuasa pahalanya gedee loh. Nah, kita bisa lebih gampang ngasih makan orang pas bulan puasa :p *tulisanmakinberantakan -,-* dan yang terakhir, orang yang berpuasa pada bulan ramadhan. Dah jelas kan, orang yang berpuasa dengan ikhlas pada bulan ini :)

Akhirul kalam, ayo kita coba sebaik baiknya jadi orang yang dirindukan surga, paling enggak kita usaha lebih deket ke surga lah :) selesai :D maaf kalo tulisannya jelek dan gak berbobot T-T afwan afwan T-T syukran lakum :) wassalamualaikum :)


Kita yakin… siapapun kita, pada strata sosial manapun kita, apapun prosfesi kita, dibumi manapun kita berpijak pasti mau menjadi orang yang dirindukan oleh syurganya Allah SWT. Tempat yang di idam-idamkan oleh seluruh makhluk Allah, tempat yang tidak terdengar di dalamnya perkataan yang tak berguna,sia- sia dan dusta, didalamnya ada mata air yang mengalir, takhta-takhta yang ditinggikan, gelas-gelas berisi minuman yang terletak dekat, bantal-bantal sandaran yang tersusun, permadani-permadani yang terhampar, kebun-kebun dan buah anggur, gadis-gadis remaja yang sebaya. Kebayang enggak indahnya syurga ?….

Rasulullah SAW, mengatakan :" Syurga merindukan empat orang:

Pertama, orang yang senantiasa membaca Al-Qur'an. Nampaknya wajar jikalau syurga merindukan ahli qur'an ini karena sejak didunia saja mereka sudah diservis oleh Allah dengan ketenangan bathin, kasih sayang-Nya, kecintaannya, kemuliaan dan selalu di ingat oleh-Nya.

Kedua, penjaga lidah. Memang lidah tak bertulang tapi ia lebih tajam dari sebilah pedang, dampaknya akan mengakibatkan peperangan antar suami isteri, antar kelompok, bahkan antar dua bangsa. Efek negatifnya akan membuat orang menjadi sengsara, akan melenyapkan pahala kebaikan yang kita buat seperti api memakan kayu bakar, akan membuat puasa jadi hampa dan sia-sia. Namun bila kita menjaganya, subhanallah… begitu banyak kenikmatan akan kita raih, dengan lisan kita berdakwah, dengan lisan kita bertilawah, dengan lisan kita berdo'a.

Ketiga, pemberi makan orang yang kelaparan. Sungguh, Allah Yang Maha berterimakasih (Syakuur) akan membalas sekecil apapun kebaikan kita kepada orang lain. Bila kita memberi minum kepada saudara kita yang kehausan maka Allah akan memberi kita minum pada hari kiamat nanti disaat orang-orang sedang dilanda dahaga, Bila kita memberi makan kepada saudara kita yang sedang kelaparan, niscaya Allah akan memberi kita makan di saat orang-orang kelaparan pada hari akhir nanti, Bila kita memberi pakaian kepada saudara kita didunia ini, niscaya Allah akan memberi kita pakaian yang indah disaat orang-orang telanjang pada hari perhitungan nanti, bila kita memudahkan urusan saudara kita yang sedang kesulitan dan dihimpit permasalahan, yakinlah bahwa Allah akan memudahkan urusan kita sejak didunia ini. Pertolongan Allah akan datang kepada seorang hamba manakala sang hamba menolong saudaranya.

Keempat, Orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan. Di bulan yang mulia yang penuh berkah, rahmat, ampunan ini Allah menjanjikan kepada kita akan pembebasan dari panasnya api neraka, pedihnya azab neraka dan kejamnya siksa neraka bila kita berpuasa, dan menghidupkan malamnya dengan shalat, qiro'at dan kholwat serta ibadah apapun dengan hanya mengharap ridho-Nya.
Bila empat amal ini kita lakukan, nampaknya wajarlah bila syurga merindukan kehadiran kita…Amien
Ustadz Ahmad Jameel

Sahabat – sahabatku, pastinya kita mau donk jadi golongan orang – orang yang dirindukan syurga, nah insyaAllah sebentar lagi bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan akan segera tiba, maka marilah kita berlomba dan saling berkompetisi agar dapat menjadi golongan yang nomer empat seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga Allah memanjangkan umur kita dan memberikan kita kesehatan agar kita siap menghadapi bulan Ramadhan dan dapat memaksimalkan ibadah kita dalam bulan Ramadhan nanti. Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar