Jumat, 07 Januari 2011

6 pertanyaan imam Ghazali

1. Apakah yang paling dekat dengan kita?

Yang terdekat dalam hal ini adalah sesuatu yang bukan khaliq ye, jadi jangan dibilang Allah jawabannya, emang iya sih Allah -,- tapi bukan itu yang dimaksudkan dalem pertanyaan ini. Dulu, para murid menjawab : orangtua, guru, teman, dan kerabat. tapi apa jawabannya? Kematian.

Kematian pasti dirasakan oleh setiap yang bernyawa, seperti dalem satu ayat dalem Al-Qur’an yang gua lupa surat apa -__- kullu nafsin za iqotul maut, setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian. atau surat ar-rahman ayat 26, kullu man alaiha faan, sesungguhnya semua hal akan binasa, itulah intinya. Jadi kita gak terlepas dari yang namanya maut, malaikat izrail selalu bertengger dekat dengan kita. Yaah, kita tau kalo kita lemah. kita gak elak dari kematian, dan kita sangat amat dekat dengan kematian tersebut. Bahkan seorang rasulpun gak luput dari kematian, nah tapi bukan berarti kematian yang dekat itu adalah akhir dari kehidupan kita. bisa dibilang, kematian adalah pintu masuk menuju panggung kehidupan kita yang sebenarnya.

2. Apakah yang paling jauh dengan kita?

Para murid menjawab, negeri cina, langit, bulan dan bintang. Imam ghazali berkata bahwa itu semua benar, tapi jawaban yang terbaik adalah Masa Lalu. Kenapa masa lalu disebut terjauh? pak zahrudin pernah bilang dalem sebuah kultum, 1 detik yang lalu adalah sejarah yang paling jauh. walaupun keliatannya deket dengan 1 detik yang lalu, kita gak mungkin bisa ngulang lagi apa yang terjadi dengan bener bener persis dengan keadaan 1 detik yang lalu.

Kyk di kungfu panda :3 salah satu kalimat di sana adalah, yesterday is history. nah hari kemarin pun adalah sejarah, dan masa lalu itulah yang sangat jauh dari kita. Seperti yang tertulis dalam Al-Asr, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang yang beramal soleh dan bersabar, yaah itulah intinya. jadi orang yang beruntung adalah orang yang memanfaatkan waktunya dengan baik untuk beramal soleh. seperti yang biasa kita denger, orang yang beruntung adalah orang yang hari ininya lebih baik dari hari kemarin :) jadi hari kemarin, masa lalu, harus kita jadikan patokan untuk hidup lebih baik di masa depan :)

3. Apa yang paling besar di dunia ini?

Yaa, murid menjawab, gunung, bumi, matahari. tapi sekali lagi, jawabannya bukan itu :p jawabannya adalah Hawa nafsu. Kenapa hawa nafsu yang sifatnya abstrak bisa disebut yang terbesar? hawa nafsu memegang kendali penting dalem kehidupan kita, kalo kita terlalu dikendalikan dan jadi budak hawa nafsu, entah gimana jadinya kita. hawa nafsulah yang menyebabkan nabi adam terusir dari surga, tapi bukan berarti hawa nafsu tidak kita perlukan. Yang terpenting bagi kita bukanlah melenyapkan hawa nafsu, melainkan mengendalikan hawa nafsu tersebut.

4. Apa yang paling berat di dunia ini?

Murid murid ada yang menjawab gajah, sapi, ibim -,- err serius serius, ada yang jawab besi, baja, gunung, dan bumi. tapi sekali lagi jawabannya kurang tepat, jawaban terbaik adalah menjaga amanah. Duluuuu banget, Allah menitipkan amanah kekhalifahan kepada langit, tapi langit menolak. terus ke bumi, bumi juga menolak. lalu ke gunung, gunung pun menolak, sampai akhirnya Allah tawarkan amanah kekhalifahan kepada manusia, dan manusia menerima amanah itu. Dan sekarang kitapun adalah mukallaf, kita terbebani dengan hukum agama karena leluhur kita menerima amanah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Nah sekarang apa yang kita rasain? berat kan harus hidup dengan segala aturan agama dan keyakinan? itulah salah satu alesan kenapa menjaga amanah adalah hal terberat di dunia ini.

5. Apa yang paling ringan di dunia ini?

Yak langsung, para murid menjawab kapas, ada yang bulu, ada yang inai inai. Tapi yaa jawabannya gak pas lagi -,- jawaban terbaik menurut imam ghazali adalah Meninggalkan shalat. Yaaak ngakuu! pasti lu pernah ninggalin solat, gua juga pernah kok -,- dan gimana rasanya? gampang kan? ninggalin sholat emang gampaang banget, dan ngelaksanainnya emang sangat amat malesin. tapi asal kita tau tentang hakikat penciptaan dan faedah di balik sholat, pasti kita bisa ngelaksanain sholat dengan baik.

6. Apa yang paling tajam di dunia ini?

Pisau? pedang? cutter -,-? jawaban terbaik adalah lidah. kenapa lidah? karena dengan lidah kita bisa menyiksa orang lebih dari pedang. dengan pedang kita bisa membunuh orang, dengan lidah kita bisa “membunuh” orang. dengan lidah kita menggunjing, menggibah, bahkan kita bisa memfitnah yang katanya lebih kejam dari pembunuhan. Dengan lidah bisa terjadi perang, yang berarti bakal terjadi pembunuhan banyak orang. gak percaya? coba telaah sejarah arab! orang orang arab itu berkepala panas, cepet marah, dan hobi berantem, nah, gak jarang ada perang yang dimulai cuma garagara perselisihan ucapan. Nah, kalo pedang bisa membunuh 1 orang, yang artinya menyebabkan kematian 1 orang. tapi dengan lidah, kita bisa memulai perang, yang artinya menyebabkan kematian banyak orang. Nah apalagi seorang yang dapat menjaga lidahnya termasuk 1 dari 4 golongan yang dirindukan oleh surga :)

Mungkin segini aja postingannya, maap kalo makin lama makin gak jelas :p Syukran Jaziila, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh wamaghfiratu waridwanu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar